Popular Post

Posted by : Unknown Friday, August 11, 2017

Ekonomi merupakan salah satu jantung utama suatu masyarakat akan hidup sejahtera. Segala sesuatu yang menyangkut tentang ekonomi menjadi penentu kehidupan untuk mnjadi lebih baik sehingga dari segi apapun ekonomilah yang menempati teratas dari segala bidang apapun. Di Kecamatan Batang-Batang ini, perekonomian masyarakatnya lebih dominan sebagai petani.

Tanah yang subur membuat Desa Bilangan yang terletak di Kecamatan Batang-Batang ini pun menjadikan desa ini melimpah akan hasil pertanian dan perkebunannya. Hasil perkebunan di Desa Bilangan yaitu kelapa, siwalan, nangka, jagung, tetapi komoditas yang paling mendominasi di desa ini yaitu kelapa. Bahkan, seluruh bagian kelapa dapat bermanfaat bagi manusia dan menjadi penghasilan bagi warga setempat, seperti buah kelapa yang biasanya di jual ke luar desa bahkan luar kota, batang pohon kelapa yang biasanya digunakan untuk bahan properti, daun kelapa yang digunakan untuk pakan ternak, serabut kulit kelapa yang digunakan sebagai bahan bakar, dan batok kelapa yang digunakan sebagai hiasan kerajinan tangan. Hasil perkebunan yang mendominan setelah kelapa yakni siwalan, tumbuh yang menyerupai pohon kelapa ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Namun, untuk nangka dan jagung merupakan hasil perkebunan yang musiman. Masyarakat Desa Bilangan tidak hanya bekerja sebagai petani kebun, ada juga yang berprofesi nelayan tetapi mereka tidak memiliki kapal jadi mereka menjadi pekerja buruh nelayan dari desa sebelah. Hasil laut yang biasa didapat di desa ini yakni ikan cakalang, sarden, udang, cumi-cumi dan lain sebagainya.

Masyarakan desa membutuhkan saranan dan prasarana untuk mendukung ekonomi desa agar dapat bertumbuh dan berkembang denga cepat perkembangan ekonomi desa akan memberikan peluang berusaha bagi masyarakat desa dan menekan jumlah masyarakat miskin.

Adapun sarana dan prasaraa pendukung kegiatan ekonomi yang ada :
1. Meubel : 7 unit
2. Jasa servise sepeda : 3 unit
3. Jasa servise elektronik : 2 unit 
4. perdagangan/Toko/warung/kios : 12 unit
5. usaha angkutan/transportasi : 25 unit

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Desa Bilangan Batang-Batang Sumenep - KKN 30 - Powered by Blogger - Designed by Desa Bilangan -

Sitting and Blinking Hello Kitty