Popular Post

Posted by : Unknown Wednesday, August 2, 2017


Desa Bilangan merupakan salah satu pemasok semen yang yang terbuat dari batu kapur atau dalam bahasa setempat dinamakan “bhubhuk”. Pada Kecamatan Batang-Batang terdapat banyak UKM yang mendirikan usaha pembuatan semen tradisional terutama Desa Bilangan dengan komunitas terbanyak penghasil bhubhuk yang dikirim ke beberapa daerah di kabupaten Sumenep, kabupaten-kabupaten di pulau Madura hingga ke kota Surabaya.
Semen adalah zat yang digunakan untuk merekat batu, bata, batako, maupun bahan bangunan lainnya. Bhubhuk merupakan bahan bangunan alternatif pengganti semen dengan harga yang lebih ekonomis, memiliki fungsi yang sama dengan produk semen olahan pabrik lainnya. Yakni berfungsi untuk bahan perekat yang mampu mempesatukan atau mengikat bahan-bahan padat menjadi satu kesatuan yang kokoh atau suatu produk yang mempunyai fungsi sebagai bahan perekat antara dua atau lebih bahan sehingga menjadi suatu bagian yang kompak atau dalam pengertian yang luas adalah material plastis yang  memberikan sifat rekat antara batuan-batuan konstruksi bangunan.
Proses pembuatan bhubhuk  tergolong masih tradisional dan sangat ramah lingkungan. Batu kapur atau “bethoh gunong” dalam bahasa Madura, dibakar dalam tungku besar yang dibuat melingkar terbuat dari tanah liat dan kayu sebagai penyangga. Dibawahnya terdapat terowongan yang digunakan untuk tempat pembakaran. Bahan bakar dari proses pembakaran menggunakan kayu cemara udang yang dibakar selama 12 jam sampai batu kapur berubah menjadi halus. Semakin lama proses pembakaran akan semakin bagus bhubhuk yang dihasilkan.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Desa Bilangan Batang-Batang Sumenep - KKN 30 - Powered by Blogger - Designed by Desa Bilangan -

Sitting and Blinking Hello Kitty