Popular Post

Posted by : Unknown Tuesday, August 8, 2017

Desa Bilangan berada di Kecamatan Batang-batang Kabupaten Sumenep. Desa Bilangan terdiri dari tiga dusun yaitu Dusun Daja Lorong, Dusun Ares Tengah dan Dusun Karang rokem. Desa Bilangan memiliki kontur tanah yang subur. Berbagai macam tanaman dapat tumbuh subur di desa ini. Desa ini juga memiliki berbagai pontensi yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat lain. Setiap dusun di Desa Bilangan memiliki potensi unggulan yang berbeda-beda, antara lain:

Bonsai Cemara Udang


Saat berada di Desa Bilangan kalian akan disuguhkan oleh pemandangan bonsai cemara udang yang berjejer indah disepanjang jalan desa. Cemara udang merupakan tumbuhan yang unik, karena tumbuhan ini bercabang-cabang, tidak tumbuh lurus ke atas. Dan biasanya dibuat bonsai dan ditanam sebagai tanaman hias artistik. Lebih menariknya lagi di Desa Bilangan khusunya di Dusun Daja Lorong ini banyak sekali tanaman cemara udangnya bahkan di setiap rumah ada tanaman cemara udang. Dengan melimpahnya tanaman cemara udang yang telah dibuat bonsai mendatangkan pemikiran untuk memperjual belikan tanaman cantik tersebut sebagai tanaman perindang kota dan sebagai hiasan bonsai.

Cabai Jamur

Cabe jamu merupakan tanaman yang bisa tumbuh dengan baik disemua iklim dan daratan, karena semakin tua umur cabe jamu maka semakin tinggi pula produktifitas, berbeda dengan cabe-cabe lainnya yang hanya bertahan satu tahun dan setelah itu akan layu dan mati. Sehingga cabe jamu telah menarik sejumlah petani Dusun Karang Rokem untuk membudidayakannya. Tidak hanya di Dusun Karang Rokem, Dusun Ares Tengah dan Dusun Daja Lorong juga mayoritas penduduknya menanam cabe jamu tapi tidak sebanyak di Dusun Karang Rokem. Pemanenan cabe jamu dilakukan saat buah telah berwarna merah, selanjutnya dilakukan proses penjemuran hingga cabe jamu kering. 1 kg buah cabe jamu kering hanya dijual dengan harga Rp 50.000,-. Sehingga kurangnya pengetahuan warga di Desa Bilangan tentang pengolahan cabe jamu serta strategi untuk mengolah cabe jamu menyebabkan cabe jamu dijual dengan harga murah tidak sebanding dengan proses penanaman hingga pemanenannya.

Perkebunan Kelapa

Tanaman kelapa yang ada di Desa Bilangan Kecamatan Batang-batang dinilai berpotensi untuk dikembangkan. Banyaknya pohon kelapa juga dimanfaatkan warga desa dengan cara menjualnya kepada tengkulak. Penjualan kelapa muda dilakukan dengan dua tahapan. Untuk kelapa muda yang masih ada dipohon dijual dengan harga Rp 2000,- sedangkan untuk buah kelapa yang sudah berada dibawah dijual dengan kisaran Rp 3000,-. Selain menjual kelapa secara utuh penduduk Dusun Ares Tengah Desa Bilangan juga memanfaatkan batang-batang daunnya untuk dibuat sapu lidi dan sabut kelapa untuk dibuat sapu ijuk.

Siwalan

Pohon siwalan merupakan potesi yang ada di Desa Bilangan. Menurut Wikipedia, siwalan dikenal dengan nama pohon lontar atau tal, sejenis palma yang tumbuh di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Di beberapa daerah, pohon ini juga dikenal dengan nama-nama seperti ental (Sunda,Jawa,Bali), jun tal (Sumbawa), tala (Sulsel), lontoir (Ambon), sedangkan di Madura dikenal dengan nama taal. Bagi masyarakat Bilangan, buah dari pohon siwalan diolah untuk campuran makanan, khusunya minuman segar. Terkadang buah siwalan ini hanya dimakan segar begitu saja tanpa diolah terlebih dahulu. Sedangkan dari karangan bunganya dihasilkan nira siwalan yang difermentasi menjadi legen atau tuak, semacam minuman beralkohol buatan masyarakat. Selain itu hasil dari pohon siwalan berupa nira siwalan juga dimanfaatkan untuk pembuatan gula siwalan dan cuka siwalan.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Desa Bilangan Batang-Batang Sumenep - KKN 30 - Powered by Blogger - Designed by Desa Bilangan -

Sitting and Blinking Hello Kitty